Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Monday, April 4, 2016

Review: Allegiant Movie

Kemarin2 baru sempet nonton lagi ke bioskop, pulang UTS hihihi... Karena sequel sebelumnya udah nonton, jadi agak sayang juga kalo lanjutannya gak ditonton..

Sebenernya udah memprediksi juga sih kalo movie nya ini bakal beda banget dari buku, tapi tetep kaget juga.. Di tulisan ini bakal sedikit dijabarin deh perbedaan yang signifikan dari movie dan bukunya ini apa aja..

Allegiant movie poster
Tulisan ini mengandung spoiler..

Sebenernya dari kondisi tempat pun udah beda jauh dari bayangan yang di buku.. Movie ini futuristic banget, *walopun agak sebel sih, kenapa beberapa editannya mesti kek drama2 siluman di Ind*siar???

Ok, kita mulai dari mana yah.. *saking banyaknya yang beda sampai bingung mau bahas dari yang mana dulu..

Dari awal deh.. Pertama, karena dari Insurgent pun Tris gak dipenjara, alhasil di film Allegiant pun dia gak diadili. Di movie nya, Tris seolah2 pahlawan yang tidak mendukung ibunya Four (Evelyn). Padahal kalo dari bukunya, Tris musuhan banget sama Evelyn, dan Evelyn ngurung Tris (sama Christina dkk) karena dianggap bersalah sudah bekerja sama dengan Marcus..

Terus kalo di buku, Jack Kang dan Johanna tidak memihak pada Evelyn, sedangkan di movie seolah2 mereka ikut jadi pemimpin bersama dengan Evelyn. Terus tiba2 aja Johanna gak ada di sisi Evelyn lagi.. *Terus dipertengahan film, aku gak ngerti kenapa tiba2 Johanna langsung ngajak perang ke Evelyn dan ngaku dia Allegiant (tanpa ada Marcus)..

Uriah gak ikut ke luar perbatasan, padahal di bukunya dia harusnya mati di pemberontakan para damaged gen. Tapi di movie, Uriah malah ikut di pemberontakan para Allegiant bareng Johanna.

Yang beda banget lagi adalah, yang menyadari bahwa David itu jahat malah Four duluan, sedangkan Tris malah kayak yang percaya sama David. Dan telat sadarnya.
Nita di buku itu yang ngebantuin di lab, tapi di movie Nita jadi penjaga.. Dan aku gak nemu Nita memperdaya Four buat ngelakuin pemberontakan, jadi aku gak bisa kesel sama Nita di movie (sedangkan aku kesel banget sama Nita di buku). Dan kayaknya Nita di movie gak terlalu berguna (sama kayak Uriah) seolah2 jadi gak penting, padahal di bukunya mereka itu megang peran banyak..

Gak ada pertengkaran antara Four sama Tris yang bikin kesel kayak di buku. Di filmnya, Four cuma ngerasa cemburu karena dia demaged sedangkan Tris pure. Tapi udah gitu doang. Kalo di bukunya, mereka itu sampe putus (gara2 Four yang gegabah).

Peter di buku itu pengen taubat, di film dia itu kek gak ada kapok2nya :D malah ikut ngebantuin David, why???????

Di buku, Tris itu gak ke Chicago.. Sedangkan di movie, dia pergi ke Chicago buat nyelametin Four. Memang ada scan Tris menghentikan penyebaran gas penghilang ingatan itu, tapi bedanya kalo di buku itu adegannya ada di Biro, sedangkan di film itu adegannya ada di Chicago. Dan kalo di buku, pada saat Tris mau menghentikan gas itu dia tertembak oleh David, Tris mati. Sedangkan di filmnya Tris selamat, dan Tris mengajukan penyerangan kepada Biro. *Mungkin di Ascendant nanti Tris mati..

Jadi jelas beda banget antara buku dengan filmnya. Jadi ngerti kenapa gak ditulis Allegiant part 1 sama Allegiant part 2, karena emang film Allegiant ini sudah sampai 90% buku. Di buku itu setelah Tris menghentikan gas penghilang ingatan itu yaudah end~ Chicago aman dan orang2 Biro jadi pada hilang ingatan. Tris mati dan orang2 Chicago memulai lagi hidup yang baru.
Sedangkan di filmnya, setelah Tris menghentikan gas itu masih belum berakhir karena Tris kayak ngajak perang gitu ke Biro, dilanjut ke film Ascendant.

Dan aku yakin banget film Ascendant itu gak ada yang dari buku, melainkan cuma 10% dari sisa akhir buku yang tentang Chicago jadi kota terbuka. Mungkin Ascendant nanti bercerita tentang pertempuran antara orang2 Chicago dengan Biro (yang jelas2 di buku itu gak ada)...

Untuk film Divergent sama Insurgent, ok lah beda dari buku. Dan memang lebih keren dari bukunya, ceritanya lebih teratur dan lebih bagus aja dari bukunya. Tapi untuk Allegiant, gak tau kenapa agak kecewa sih sama movie nya. Walopun bukunya juga biasa aja, tapi aku gak nemu arah dari filmnya. Malah kayak diperunyam gitu masalahnya.
Padahal aku kira dibagi dua tuh part 1 untuk pemberontakan demaged gen, part 2 untuk pertarungan Tris sama David di Biro. Tapi nyatanya malah gak kerasa romance antara Tris sama Four, pdhal yang bikin aku masih bertahan baca itu karena gereget mereka bertengkar *walopun aku gak suka mereka bertengkar di buku sebelumnya, tapi yang di buku Allegiant tuh beda aja.. Tapi better lah, Tris gak dibikin selalu benar di movie.

Jadi buat movie kali ini 6.5 lah~

Segitu dulu aja, kalo ada yang mau nambahin silakan komen :D

2 comments:

  1. Hai...aku juga geregetan banget sama film Allegiant ini.
    Aku curhat juga tentang film ini di blog ku yuk mampir :)

    https://jendeladuniaku2015.wordpress.com/2016/03/24/curhatanku-tentang-film-allegiant-the-divergent-series/

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal nunggu lanjutannya taun depan ya kayak gimana :D nice post Siti :D

      Delete

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer