Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Tuesday, January 26, 2016

Review: Partikel [Supernova] - Dee

Sebenernya aku di sini cuma mau berkomentar sedikit tentang buku ini sih. Kalau aku bisa bilang, buku ini beda dari novel2 Indonesia lain. Kayaknya trilogi ini ngebahas tentang kekuatan supranatural juga. *FYI: aku gak baca buku pertama dll, cuma baca buku Partikel ini aja.

Source: goodreads



Berikut beberapa komentar aku tentang buku ini:

Untuk jalan cerita, jujur aku sukaa banget sama cerita Zarah seorang fotografer wildlife, but......... Ada beberapa part yang aku kurang suka dari cerita di buku ini. Seandainya part2 itu tidak ada, maybe aku mau beli buku ini. Sayangnya aku gak tertarik untuk memiliki buku ini karena hal2 itu. Yah cukup minjem aja.

1. Isu SARA. Apapun itu maksud Dee menyelipkan tentang keluarga Zarah yang sebenernya muslim, dan Zarah sendiri gak pernah shalat bahkan jauh dari ajaran agama, yang kemudian di buku ini berbuntut pada pengenalan metologi. Aku lebih suka kalau saja Dee membuat Zarah memang bukan muslim sekalian. Gak perlu ada adegan pertengkaran Zarah dengan Abah, Umi, Ibu, sekolahnya, pesantren. Seperti sikap Abah di buku, ini tentang kepercayaan, kepercayaan kepada Tuhan yang menciptakan segalanya. Walaupun di buku itu, Zarah seakan2 menganggap enteng tentang agama, merasa bahwa Ayahnya hanya mencari tau tentang kepercayaan lain, dan kenapa harus dimarahi, dll. Aku anggap wajar Zarah bersikap begitu karena memang dia gak mempelajari agamanya dengan baik.
Tapi dengan adanya part ini, dan kita membaca sebagai Zarah, itu bisa membuat anak2 yang labil juga ikutan dengan pemikiran Zarah.
Dengan memperlihatkan kekerasan Abah, Ibu, Umi, tentang agama, bisa membuat orang2 yang tidak tau Islam jadi beranggapan negatif. Padahal apa yang Abah lakukan itu demi menjaga keluarganya dari api neraka.
Jadi yaa, walopun aku suka petualangan Zarah mencari Ayahnya, aku tetap menyetujui sikap Abah.

2. Part sinetron di dalam buku. Oke, mungkin Dee ingin menambahkan bumbu percintaan di bukunya. Tapi tanpa adanya cerita tentang Storm dan Koso sebenernya lebih baik, belum lagi di situ ada bagian sex bebasnya, sama bule pulak, fyuuuuuuuuuhhhhh.
Sebenernya cinta Paul ke Zarah yang tersimpan rapi, itu udah lebih daripada cukup untuk membuat kisah cinta yang bagus, terbungkus dengan apik. Lebih indah untuk dibaca. Makanya untuk buku ini, aku sangaaaaaaat suka bagian "Jurnal Terakhir". Cuma beberapa halaman, tapi maknanya mendalam banget.

Dari 2 komentar yang aku kurang suka itu, selebihnya aku suka. Cerita tentang Zarah kecil yang diajari langsung oleh Ayahnya, tentang Zarah yang akhirnya belajar photography, tentang Zarah yang berlayar ke Tanjung Puting jadi orang tua asuhnya Orang Utan, tentang Zarah seorang photographer wildlife, tentang Paul yang tanpa disadari ternyata membantu Zarah mencari jejak Ayahnya.
Yaa, cerita tentang metologi, crop circle, Amanita Muscaria, dll, ya lumayan lah, walopun tetep aja gak masuk akal untuk "portal"nya. Tapi yaa, namanya juga buku fiksi..

Jadi kesimpulannyaaa, seandainya bagian SARA itu diskip, dan bagian sinetron Storm dan Koso juga gak perlu ada.... Serius aku mau beli bukunya, karena emang aku suka banget ceritanya, petualangannya.. Hmm, apa perlu aku beli bukunya, terus aku robek beberapa bagian yah? :D

Tadinya aku kira aku gak akan menemukan apapun di buku ini *selain pengetahuan tentang fungi, metologi dan blablabla.. Tapi aku menemukan satu pelajaran, Ilmu pengetahuan bisa membuat kita gila, seandainya kita gak punya pegangan yang teguh.
Seharusnya setiap ilmu yang kita dapatkan, itu membuat kita semakin merasa kerdil, semakin kita mengingat Pencipta kita. Ilmu Allah itu luaaas, sangaaaaaaat luaaas. Seandainya pohon2 jadi pena, lautan menjadi tintanya, bahkan kalau harus ditambahkan 7x lagi, itu tidak akan cukup untuk mencatat ilmu Allah..


Sekian~

*NB: buku ini kurang cocok untuk remaja labil...

No comments:

Post a Comment

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer