Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Wednesday, January 20, 2016

Movie vs Book : Divergent

Tulisan ini mengandung spoiler, bagi yang belum membaca bukunya atau menonton filmnya lebih baik tidak membaca tulisan ini. Tapi kalo penasaran ya baca aja :D


Source: google image

You are ready.. ;)

Naaah, sebenernya ini film lama taun 2014, tapi gpp kita review bareng2 :D

Jadi mungkin bagi kalian yang udah baca bukunya duluan dan nonton filmnya mungkin ada yang kecewa karena beda dari buku, atau ada yang lebih suka filmnya? *akuu yang lebih suka filmnya :v. Untuk sequel pertama ini aku sendiri menganggap perubahan tersebut wajar karena mengingat durasi film, dll.. Tapii, ternyataa banyaaak banget yang dirubah di sini.. Apa aja sih yang dirubah di film adaptasinya?? Ini dia yang bisa dirangkum: *seingetnya aja deh ya hehe

1. Tes Kecakapan (Aptitude Test)
Tes kecakapan di buku itu ada beberapa tahapan untuk membuat kesimpulan mana yang cocok untuk peserta tersebut. Misalnya Tris ada di sebuah cafetaria dan disuruh milih suatu pisau atau keju; terus ada anjing; terus masuk bis.
Tapi di filmnya tes kecakapan berlangsung singkat, ruangan penuh cermin, disuruh milih pisau atau daging, terus muncul anjing, terus udah deh bangun.

2. Choosing Ceremony
Di buku, Tris tidak berbicara dengan Jeanin. Setelah selesai pemilihan, Tris ikut dengan rombongan Daunthless lain. Pada saat berlari mengejar kereta, masih ada orang di belakang Tris yang tertinggal naik dan menjadi factionless. Ada yang tidak melompat ke gedung, dan diam di kereta yang akhirnya menjadi factionless. Pada saat melompat ke gedung, ada anak Daunthless yang gagal melompat dan jatuh dari gedung. Yang berbicara saat inisiate harus melompat adalah Max.
Di film, Tris berbicara dengan Jeanin. Setelah selesai pemilihan, Tris ikut dengan rombongan Daunthless lain. Pada saat berlari mengejar kereta, Tris yang paling terakhir untuk naik kereta. Tidak ada yang tertinggal di kereta, karena Tris dan Christina yang terakhir melompat ke gedung. Pada saat melompat ke gedung ada anak Daunthless yang tidak berhasil naik, tapi tidak diperlihatkan dia jatuh dari gedung. Yang berbicara saat inisiate harus melompat adalah Eric.

3. Four
Four di buku itu dibuat imagenya seakan menyeramkan dengan suasana hati yang tidak bisa ditebak, apakah dia sedang "friendly" atau lagi jadi instruktur yang "kejam". Four di buku sering banget ngolok2 Tris, si stiff lah, memaksa Tris menyerah, dll dengan maksud ingin melihat seberapa berani Tris. Dan Four di buku dengan suasana hati yang semacam itu memang cocok sebagai Four dengan usia 18 tahun.
Sedangkan Four di film, hmmmmmm, lebih tua, mungkin 20 tahunan ke atas :D dia lebih kalem, cool, mengamati dengan tenang. beda banget dengan di buku. Four di film lebih bijak lah pokoknya.
Dan untuk perubahan yang ini, aku lebih suka Four di film :v

4. Daunthless Initiate
Di buku ada banyak temen inisiasi yang satu angkatan sama Tris yang penting sebenernya dan gak dimunculin di film, kayak Uriah, Marlene, Lyn, Edward yang matanya ditusuk Peter, dll. Dan ada beberapa karakter yang berubah.
Misalnya di buku, Peter itu nyebelin banget, kejam, dan dia bisa melakukan apapun supaya bisa ranking 1. Tapi di filmnya, Peter agak sedikit punya rasa humor~
Moly di buku juga sama nyebelinnya kayak Peter, dia sama sekali gak ada rasa simpatik sama Tris. Tapi di filmnya Moly kayak yang gak begitu jahat, gak ada cibiran k Tris, malah ngasih ucapan selamat pas Tris nyelametin Al~
Gak ada Drew di film..
Jumlah peserta inisiasi di buku cuma sedikit, yang akhirnya bisa masuk ke Daunthless itu cuma 10 orang, dari awal pelatihan juga memang cuma sedikit. Tapi di filmnya dibuat seakan2 ada banyak peserta inisiasi.

5. Christina Tergantung di Jurang
Kalo di bukunya, Eric nyuruh semua initiate buat ngikutin dia terus ngedorong Christina, dia dikasih waktu 5 menit untuk bertahan. Yang nyemangatin Christina waktu itu Al.
Kalo di filmnya, Eric nyuruh semua istirahat, dia bersikap baik ke Christina -walopun Tris curiga- sampai di deket jurang dia ngedorong Christina. Dia dikasih 3 pilihan, bertahan dan dimaafkan kepengecutannya, lepaskan dan jatuh, atau menyerah dan dikeluarkan. Waktu itu yang nyemangatinnya Tris.

6. Tris Diserang
Di buku, Tris diserang sama Peter, Drew, Hayes, Al (4 orang). Tris ditutup matanya, jadi dia nyadar kalo itu Al dari suara dan bau sabunnya. Tris juga hampir jatuh, terus ditolong Four. Pasca penyerangan, Four ngebersiin lukanya sendiri dulu, baru ngobatin Tris yang berbaring. Tris megang bibir Four dan nanya keadaannya gimana.
Kalo di film, Tris diserang sama 3 orang, Tris gak ditutup matanya. Tris tau Al karena ngebongkar penutup kepala Al, Tris gak menggantung di jurang tapi langsung menepi. Four keliatan baik2 aja. Tris gak lagi berbaring, dan dia megang tangan Four -bukan bibir Four yang luka-.

7. War Games
Di buku, war gamesnya kurang menarik. Senjatanya cuma pake tembakan paint ball, terus bendera lawan cuma disimpen di pohon. Di buku, Christina yang ngambil bendera karena merasa iri sama Tris. Pada saat di bianglala, Tris hampir jatuh pada saat turun, dan Four menyalakan bianglala supaya Tris bisa turun.
Di film, war games lebih seru dengan senjata yang digunakan diisi dengan Neuro-stim dart -mensimulasikan rasa sakit seperti ditembak betulan-. Bendera lawan ada di atas gedung, dijaga oleh Moly. Bianglala di film, tidak ada adegan mereka turun.

8. Tris Fight
Di buku, Tris bertarung 2 kali. Pertarungan pertama melawan Peter, Tris kalah. Pertarungan terakhir melawan Moly, dan Moly babakbelur, sampai Tris harus ditarik dari arena karena terus menghajar Moly yang sudah jatuh.
Di film, Tris bertarung 2 kali. Pertarungan pertama melawan Moly, Tris kalah. Yang terakhir melawan Peter, dan itu pun kalah.

9. Tris Fear Landscape
Di buku, Tris punya 7 ketakutan. Diserang gagak, tenggelam di tabung kaca, tenggelam di lautan, diikat ditengah api oleh Peter, melihat orang2 yang disayangi mati, takut keintiman, takut membunuh keluarga sendiri (di sini Tris tidak membunuh keluarganya, dan membiarkan Jeanin menembak dirinya). Di buku juga untuk Fear Landscape sendiri tidak dijelaskan harus menghindari menciptakan sesuatu -seperti Tris saat akan dibakar Peter, dia menciptakan hujan-, hanya menjaga agar detak jantungnya stabil.
Di film, Tris hanya punya 5 ketakutan. Diserang gagak, diikat ditengah api, tenggelam di tabung kaca, takut keintiman, takut membunuh keluarga sendiri (di sini Tris membunuh ayahnya). Di film untuk Fear Landscape diajarkan Four agar tidak menciptakan sesuatu karena itu yang akan dilakukan divergent, tapi harus berpikir bagaimana agar bisa survive dengan cara Daunthless.

10. Pergi ke Erudite menemui Caleb
Di buku, Tris nanya ke resepsionis, ketemu Caleb untuk ngebahas permintaan ibunya tentang simulasi. Tris dihadang oleh penjaga di Erudite dan disuruh ke ruangan Jeanin. Di kantor Jeanin mereka membicarakan kenapa Tris bisa lolos 2 kali dari simulasi (awal tes kecakapan dan tes ke 2 Fear Landscape). Sepulangnya ke Daunthless, Tris dimarahi Eric dan dibela Four.
Di film, Tris langsung masuk ke tempat Caleb untuk minta supaya dikembalikan ke Abnegation. Tris dibawa oleh orang Erudite, lalu Tris memukul mereka, Jeanin melihat dan menyuruh dia ke kantornya. Di kantor Jeanin mereka membicarakan kenapa Tris menemui Caleb, masalah Abnegation, dan menanyakan pendapat Tris tentang kejahatan Abnegation. Sepulangnya ke Daunthless, Tris diserang Peter, dkk.

11. Four Fear Landscape
Di buku, Tris melihat Four dan mengikutinya sampai di ruang untuk tes ketakutan, lalu Four menyuruh Tris masuk dan menyuruh Tris ikut ke Fear Landscape punya Four. Di atas ketinggian, mereka meloncat. Di ruang sempit, mereka hanya membuat agar detang jantung Four stabil agar bisa berlanjut ke landscape berikutnya. Di ruangan yang ada orang tak bersalah, di sana orang itu berdiri dengan membawa pistol, dan Four harus menembaknya (tidak memalingkan wajah). Di rumah Abnegation, Marcus datang dan menyerang Four lalu ditangkis Tris hingga cambukannya kena pergelangan Tris, di sana Four marah dan memukul Marcus. Selesai.
Di filmnya, Tris diajak Four ke ruang tes ketakutan untuk latihan di Fear Landscape nya Four. Di atas ketinggian, Tris nyuruh lompat tapi Four bilang kalau itu cara pikir divergent, jadi mereka harus menepi ke sisi gedung. Di ruang sempit, Tris menghentikan dinding dengan menekan paku ke dinding. Di ruangan yang ada orang tak bersalah, orang itu diikat di kursi, dan Four harus menembak orang itu -tapi dia gak bisa nembak orang itu selain dengan sambil memalingkan wajah-. Di rumah Abnegation, Tris melihat Marcus, saat Marcus akan memukul Four, Tris langsung menangkis, lalu Four memukul Marcus. Selesai

12. Visiting Day
Di buku, ada hari kunjungan orang tua, Tris bertemu ibunya 2x. Yang kedua kalinya, Ibunya membicarakan tentang divergent, dan menyuruh Tris berbicara dengan Caleb mengenai simulasinya.
Di film, tidak ada hari kunjungan, Tris bertemu ibunya setelah selesai pelatihan tahap 1, dan bertemu ditempat pengambilan bahan makanan. Ibunya membicarakan tentang divergent, tapi tidak menyuruh menemui Caleb untuk mencari tau simulasinya.

13. Zipline
Di buku, Uriah mengajak Tris untuk ikut ritual anak Daunthless saat Tris sedang kalut karena Edward baru ditusuk matanya. Yang boleh ikut ritual ini hanya mereka yang memiliki kakak seorang Daunthless. Saat itu Tris bertemu dengan Marlene dan Lyn, Shaun dan Zake. Yang mempersiapkan zipline untuk Tris adalah Zake (kakak Uriah). Di akhir zipline, anak2 Daunthless membuat simpul untuk menampung Tris jatuh dari zipline.
Di film, Tris diajak anak Daunthless (entah siapa) untuk ikut ritual anak Daunthless setelah kelompok Tris memenangkan war games. Tris tidak bertemu dengan Uriah, Marlene, Lyn, Shauna, Zake. Di akhir zipline, Tris harus menarik rem -kalau tidak ingin kepalanya terbentur tembok-.

14. Penyerangan Abnegation
Di buku, Tris melihat Four menolong Daunthless lain menaiki kereta dengan mata kosong, tetapi sebenarnya terjaga. Four dan Tris bertemu Eric dan Eric akan menembak Four bukan untuk membuktikan bahwa dia divergent atau tidak, tetapi memang sengaja mau menembak Four. Yang ada bersama Eric ada seorang wanita. Tris menembak kaki Eric, lalu mereka lari. Tris tertembak dan mereka dibawa ke salah satu rumah Abnegation, bertemu dengan Jeanin. Four diberikan suntikan simulasi yang lain dan menyerang Tris. Tris dieksekusi di tabung yang diisi air, itu mengingatkan dia dengan fear landscapenya.
Di film, Tris melihat Four dengan mata kosong -dan memang seperti yang ikut dalam simulasi- lalu saat memegang tangan Tris, dia seperti baru tersadar. Tris dan Four mencari rumah orang tuanya. Tris dan Four bertemu Eric, dan Eric hendak menembak Four. Yang bersama Eric saat itu adalah Max. Tris menembak kaki Eric, lalu mereka lari. Tris tertembak dan mereka dibawa ke salah satu rumah Abnegation, bertemu dengan Jeanin. Four dan Tris dipisahkan, Four dibawa oleh Jeanin. Tris dieksekusi dengan ditembak, dan dia melihat genangan air yang mengingatkannya dengan fear landscape.

15. End
Di buku, Tris diselamatkan ibunya, dan saat itu dia melihat tato ibunya. Ibunya meninggal saat dia mengalihkan perhatian tentara Daunthless. Ada kode (beberapa ketukan) untuk memberitahu para Abnegation yang selamat. Di tempat itu, Tris diobati luka tembaknya. Pada saat mereka menuju markas Daunthless, Marcus hampir gagal saat melompat dari kereta. Mereka naik lift menuju ruang kontrol. Di sana Tris menemukan Four, Four menyerang Tris namun bisa tersadar, lalu mematikan simulasi (oleh Four sendiri), dan meyimpan simulasinya di hardisk. Four bertemu Marcus dengan ketakutan. ~~
Di film, Tris diselamatkan ibunya, Tris tidak melihat tato ibunya. Ibunya meninggal saat akan menyelamatkan Tris dari tentara Daunthless. Tidak ada kode untuk masuk ke persembunyian Abnegation, dan Tris tidak diobati luka tembaknya. Pada saat mereka menuju markas Daunthless, tidak ada adegan Marcus gagal melompat. Tidak ada lift di markas Daunthless. Di ruang kontrol, Tris melihat Four yang ditempeli alat seperti simulai. Di tempat itu ada Jeanin yang menjelaskan bahwa Four sudah tidak ada. Four bisa sadar dan mereka sama2 menyerang Jeanin. Yang mematikan simulasi adalah Jeanin sendiri, dengan disuntikkan simulasi yang sama oleh Tris. Tidak ada hardisk, karena simulasi langsung dihapus. Four bertemu Marcus, tapi tidak terlalu takut, malah membantu Marcus untuk naik ke kereta. ~~


Yaaaak, segitu dulu aja deh ya, sebenernya masih banyak lagi yang dirubah, entah itu plotnya, alur ceritanya, maupun karakter tokohnya. Tapi itu mungkin bisa kita bahas di komentar :D
Kalau ada yang mau nambahin, feel free for comment here..

thankyou~

No comments:

Post a Comment

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer