Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Wednesday, September 9, 2015

#Catatan : Vergangenheitsbewältigung

Vergangenheit = masa lalu; Bewältigung = mengatasi [hal-hal negatif, tekanan dan sesuatu yang memberatkan, luka mental dan rasa bersalah] *dikutip dari wikipedia*


Atau dalam bahasa Inggris dapat diartikan “Struggle to overcame the [negatives of the] past.”, dengan kata lain berdamai dengan masa lalu.

Otak manusia cenderung lebih sering merekam kenangan-kenangan pahit dan menyakitkan, dan itu masuk ke long term memory. Tidak heran ketika seseorang sedang bertengkar, dia bisa menyebut2an luka lama -yang seharusnya tidak perlu disebutkan- ke kondisi yang sekarang. Menyulitkan, bukan? Dan juga kita bisa bilang orang2 yang mengalami ini sangat menyedihkan. Karena mereka tidak bisa mengontrol rekam kenangan mereka.
Apakah kita bisa melupakan masa lalu yang menyakitkan? Bisa. Hanya ketika kita sudah berdamai dengan hal itu. Bagaimana cara kita berdamai dengan masa lalu yang menyakitkan? Yaitu dengan memohon pertolongan kepada Allah dan lebih banyak memunculkan kenangan2 yang indah dan membahagiakan. Terapi ini cukup ampuh bagiku. Dengan terus menerus mengingat semua hal yang membahagiakan dan menyenangkan, membuat kenangan pahit itu tidak lagi begitu menyakitkan ketika muncul kembali.

Oh ya, sebelum kamu membayangkan semua kenangan bahagia, kamu harus melapangkan hati kamu dulu seluas-luasnya. Memaafkan segala yang membuat hatimu sesak, memohon ampunan juga kepada Tuhan, barangkali ada kesalahanmu juga yang membuat hal itu bisa terjadi padamu.

Jadi rumusannya begini: Memohon ampunan - Memohon kekuatan - Memaafkan - Meluaskan hati - Mengenang hal2 yang membahagiakan.

Gimana biar bisa mudah memaafkan dengan tulus (hingga kamu bisa tersenyum ketika bertemu minimal)? Ingat saja Allah Maha Pengampun Maha Pemaaf, apa kamu tidak mau ketika berbuat kesalahan lalu Allah maafkan?

No comments:

Post a Comment

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer