Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Wednesday, July 15, 2015

#CatatanRamadhan: Bahaya Hasad

Hasad itu lebih berbahaya dari bakhi. Kenapa? Karena bakhi hanya berhenti pada ia tidak mau berbagi karunia yang ia punya kepada orang lain. Sedangkan hasad bisa menyebabkan seseorang itu menghentikan karunia yang Allah berikan kepada orang lain.
Hasad itu merupakan penyakit hati yang menjangkiti hampir seluruh manusia kecuali sedikit orang yang terbebas dari penyakit hasad. Sebagaimana penyakit lainnya, jika hasad ini dibiarkan maka itu bisa menjadi semakin parah. Seperti qabil yang membunuh adiknya habil, akibat hasad yang dibiarkan berkembang di dalam hati.
Di jaman ini, hasad seperti terfasilitasi. Seperti dengan adanya rengking di kelas, juara a b c; sedangkan pada dasarnya setiap orang itu memiliki sifat tidak ingin diungguli. Misalnya pada sebuah tim sepak bola, seseorang mendapatkan top score, padahal seseorang itu tidak mungkin mendapatkan hal itu tanpa bantuan orang lain. Sehingga dapat menyebabkan seseorang berpikir “dia kan hanya diam di dekat gawang, saya yang capek menggiring bola, dsb”, timbul lah iri dan tidak suka dengan apa yang orang lain raih.
Hasad itu pada dasarnya adalah memprotes ketetapan Allah. Memprotes apa yang Allah berikan kepada orang lain.

Bagaimana kita melawan hasad? Berbuat baik kepada yang dihasadi. Orang yang hasad biasanya benci kepada orang yang dihasadi, maka lawan dan paksakan diri kita untuk berbuat baik kepadanya. Lalu doakan orang yang kita hasadi dengan doa doa baik, karena itu merupakan tanda bahwa kita serius ingin mengobati penyakit dalam hati.

No comments:

Post a Comment

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer