Kalo kamu pikir langit itu biru (cerah penuh awan), kamu hanya melihatnya sedikit. Langit itu pekat dan gelap, dan bagiku indah. Langit itu luas menebas jarak, dan bagiku mengagumkan. E.H

Monday, June 29, 2015

#CatatanRamadhan: Memaafkan

[Ali Imran : 133-135]

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.
Ternyata salah satu ciri-ciri dari orang yang bertaqwa adalah orang-orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Kok yang memaafkan bukan yang meminta maaf?? Karena orang yang memaafkan itu seolah-olah berada di atas angin, ia bisa berkehendak untuk membalas atau mendoakan yang buruk. Ketika seseorang itu ada dalam kondisi seperti itu, dan memilih untuk memaafkan di situlah seseorang berada dalam tingkatan ketaqwaan (setelah ciri yg lainnya juga diikuti ya, hehe).

“Tapi masih sakit hati?”, semua bisa dilebur dengan hebit yang baik. Paksakan jiwa kita, diri kita untuk betul2 memaafkan, menahan diri untuk tidak marah. Kalau orangnya gak mau senyum, yuk kita duluan yang senyum, kalau orangnya malingin wajah, yuk kita duluan yang sapa ;)

Jadi, yuuuk kita luaskan hati kita untuk menerima yang sudah terjadi dan memaafkan kesalahan orang lain ^_^ apalagi sekarang bulan Ramadhan, semoga pahala memaafkan membawa kita kepada ampunan Allah SWT, aamiin~

No comments:

Post a Comment

terimakasih untuk selalu berkomentar baik ;)

Large Grey Polka Dot Pointer